Silahkan daftar dengan klik dibawah ini

Kamis, 16 Desember 2010

PM Australia Persingkat Liburan

Perdana Menteri Australia, Julie Gillard, mempersingkat liburannya, Rabu malam 15 Desember 2010. Rupanya, Gillard lebih memperhatikan operasi penyelamatan para penumpang dari suatu kapal, yang tenggelam di perairan dekat pulau Christmas. Jumlah korban tewas sedikitnya 28 orang akibat tenggelamnya suatu kapal yang diduga membawa seratus orang itu.

"Ini merupakan peristiwa tragis dan butuh waktu untuk mengetahui gambaran yang sesungguhnya," kata Gillard, seperti dikutip news.com.au. "Fokus dan prioritas pemerintah saat ini adalah penyelamatan, pemulihan dan perawatan atas mereka yang terluka," lanjut perempuan pertama yang menjadi perdana menteri Australia sejak pertengahan 2010 itu.

Menurut harian The Sydney Morning Herald, kapten kapal itu diduga berusaha menyelundupkan sekitar 100 orang asal Irak dan Iran, yang tampak berupaya mencari suaka ke Australia. Namun, kapal yang mereka tumpangi menabrak karang di Pulau Christmas, Australia, pada Rabu kemarin sehingga karam.

Operasi pencarian korban masih berlangsung. "Laporan terakhir adalah 44 orang berhasil diselamatkan dan 28 lainnya meninggal," kata Menteri Imigrasi Australia, Chris Bowen. Penduduk Pulau Christmas membantu Angkatan Laut Australia untuk melakukan pencarian dan penyelamatan korban.

Pihak berwenang tengah menyelidiki dari mana terakhir kali mereka berlayar sebelum kecelakaan terjadi. Menurut data pemerintah, sedikitnya 5.000 dari Irak, Afganistan, dan Sri Lanka tahun ini mengungsi ke Australia. Banyak dari pengungsi singgah terlebih dahulu di Indonesia. 
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 Comment: on "PM Australia Persingkat Liburan"

Posting Komentar

 
 
Back To Top